Sejarah

Sejarah

Berdirinya MA NU Banat Kudus

Madrasah Aliyah Banat NU Kudus merupakan salah satu lembaga pendidikan yang seluruh pesertannya adalah siswi. kehadiran Madrasah Aliyah Banat NU Kudus sebagai upaya mewujudkan cita-cita pendirinya yang ingin mengangkat derajat kaum wanita melalui pendidikan untuk menghasilkan tenaga pendidik wanita yang memiliki intelektualitas dan akhlaqul karimah sesuai dengan ajaran islam Ahlussunnah Waljamaah.

Program Studi

CERITA

Dari masa ke masa

gedung

1980

MA NU BANAT KUDUS Founded

IMG_5708

1990

The First Education Program

IMG_5759

1998

First Graduation From
MA NU BANAT KUDUS

IMG_5734

2010

4 Program Study have been established

SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH MA NU BANAT KUDUS

Madrasah Aliyah NU Banat Kudus merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kudus yang peserta didiknya adalah kaum perempuan. MA NU Banat Kudus berlokasi tepatnya di jalan K.H.M. Arwani Amin desa Krandon, kecamatan Kota, kabupaten Kudus dengan bangunan di atas lahan seluas 5.183 m2.

Pendirian madrasah ini diprakarsai oleh seorang Kyai muda yang bernama Kyai Mas Dain Amin Said (adik kandung ke 3 dari 12 bersaudara Hadlotusy Syekh Kyai Haji Arwani Amin) pada tahun 1940 mendirikan Roudlotul Athfal BANAT (yang kemudian berganti nama menjadi “Madrasah Banat NU” sebagai awal cita-cita ingin mengangkat derajat perempuan melalui pendidikan sehingga menghasilkan tenaga-tenaga pendidik perempuan yang intelektual, berakhlaqul karimah sesuai dengan ajaran agama Islam ‘ala Ahlussunnah Waljamaah. Bersambung tahun 1952 berdiri MI/SD Banat NU, tahun 1957 berdiri MTs Banat NU. 

Baru pada tanggal 1 Januari 1971 dengan nomor piagam No. Lk/3.c/08/pgm.MAS 1978 berdiri MA Banat NU, dengan awal siswa 7 siswa. Tahun demi tahun jumlah peserta didik berkembang, hingga saat ini pada tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 1.043 (seribu empat puluh tiga) peserta didik.

Awal mula pendiri Madrasah Banat NU adalah K. Masda’in Amin dibantu oleh KH. Ahdlori Utsman, H. Zainuri Noor, H. Noor Dahlan dan Rodli Millah, semuanya tergabung dalam pengurus Madrasah Banat. 

Madrasah Banat berkembang cukup pesat, maka pengurus memandang perlu dibentuk sebuah Yayasan yang beranggaran dasar secara lengkap dan sempurna, maka pada tanggal 31 Maret 1981 kepengurusannya berubah menjadi sebuah Yayasan yang bernama Yayasan Pendidikan Banat dengan akte notaris Nomor 45/81. 

Dalam naungan Yayasan Pendidikan Banat perkembangan Madrasah dari tahun ke tahun bertambah pesat, diminati oleh masyarakat dengan alumni yang bisa diterima di masyarakat, Perguruan Tinggi (PT) Negeri maupun Swasta, Perguruan Tinggi (PT) Agama maupun Umum banyak diisi oleh alumni Madrasah Banat NU Kudus. 

Perkembangan zaman berjalan sesuai dengan kondisi dan alur umat. Tahun 2002 lembaga-lembaga pendidikan yang dikelola oleh yayasan-yayasan warga NU bersiap diri untuk menyatu dalam perkumpulan jam’iyyah NU yang oleh PBNU penggabungnya didelegasikan kepada Pengurus Cabang Jam’iyyah NU, dengan SK PC NU Kabupaten Kudus Nomor : PC.11-07/362/SK/XII/2002 tertanggal 16 Desember 2002, secara resmi Badan Pelaksana Pendidikan Ma’arif NU (BPPM NU Banat) berkewajiban menyelenggarakan pendidikan MA NU Banat Kudus meneruskan Yayasan Pendidikan Banat Kudus. 

Cita-cita awal berdirinya MA Banat untuk membekali wanita-wanita Islam agar berpengetahuan Islam yang amali dan mampu memimpin wanita-wanita Islam untuk hidup maju bersama masyarakat yang lain, melangkah untuk memenuhi tuntutan zaman dan mampu berkompetisi positif dengan lembaga-lembaga yang lain, siap melaksanakan program pengembangan fisik maupun non fisik. Alhamdulillah tahun 1998 MA Banat NU memperoleh prestasi nasional juara III dalam HAB Depag RI dengan SK Dirjen BimGuRais tanggal 28 Desember 1998 No. E. IV/PP.(X)/KEP/01/1999. 

Tahun 2004 MA NU Banat memperoleh prestasi nasional juara II dalam HAB Depag RI dengan SK Menteri Agama RI tanggal 2 Januari 2004. MAK NU Banat, pemenang harapan Nasional dengan SK Menteri Agama RI No. 561. 

MA NU Banat Kudus merupakan salah satu madrasah yang memperoleh Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. : 481 tahun 2015 tentang Penetapan Madrasah Pendamping Implementasi Kurikulum 2013 yang mulai tahun pelajaran 2014/2015 s.d sekarang telah melaksanakan Kurikulum 2013. Sesuai perkembangan dunia Pendidikan, MA NU Banat Kudus memberlakukan kurikulum sesuai Keputusan Menteri Agama nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Sedangkan pemberlakuan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) akan dilaksanakan mulai tahun pelajaran 2023/2024. 

Peminatan yang dimiliki MA NU Banat Kudus sebagai berikut : Peminatan MIPA dengan mapel peminatan meliputi : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi

  • Peminatan IPS dengan mapel peminatan meliputi : Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Sejarah
  • Peminatan Bahasa dan Budaya dengan mapel peminatan meliputi : Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Arab, Antropologi
  • Peminatan Keagamaan dengan mapel peminatan meliputi : Ilmu Tafsir, Ilmu Hadis, Usul Fikih, dan Bahasa Arab.

Guna memenuhi tuntutan zaman yang serasi dengan kebutuhan masyarakat, saat ini sedang mengembangkan program keterampilan berbahasa asing Arab/Inggris, dan berbagai macam ekstrakurikuler yang terprogram untuk menyongsong tafaqquh fiddin.

Oleh karena itu MA NU Banat Kudus sebagai wadah positif mencetak kader-kader muslimah yang ilmiah, beramaliah, bertaqwa dan terampil, siap hidup di masyarakat global sesuai perkembangan zaman yang berbasis teknologi informasi, dan melengkapi dinamika pendidikan yang berkembang saat ini, kami juga membuka program unggulan tahfidz.

Pada akhir tahun 2021 MA NU Banat Kudus mendapatkan perpanjangan status akreditasi yang diberikan berdasarkan penilaian sistem terhadap perkembangan kinerja madrasah, dengan status Terakreditasi A (Unggul) dengan nilai 98.

GALERI PERJALANAN DAN PERKEMBANGAN
MA NU BANAT KUDUS

MUASSIS & MASYAYIKH ma nu banat kudus

MUASSIS & MASYAYIKH
MA NU BANAT KUDUS

Generasi pelanjut perjuangan Muassis dan Masyayikh MA NU BANAT dapat memahami serta mengimplementasikan nilai-nilai keaswajaan dan akhlaqul karimah yang menjadi ide pokok Muassis secara berkesinambungan dan tersampaikan kepada peserta didik sampai akhir zaman. 

KH. AHMAD MASDA'IN AMIN

MU'ASSIS

H. NOOR BADRI SYAHID

MASYAYIKH

H. RODLI SUHARI

MASYAYIKH

H. HASAN AE

MASYAYIKH

H. CHILMAN NAJIB

MASYAYIKH

H. FAIQ SHOFI

MASYAYIKH

H. MOCH. RONDJI

MASYAYIKH

H. MOCH. SYUKRON

MASYAYIKH

H. MAS'UD IRSYAD

MASYAYIKH

H. SHOFI

MASYAYIKH

H. FAUZI HA

MASYAYIKH

HJ. ZUMROTUZ ZAKIYAH

MASYAYIKH

ANIFAH

MASYAYIKH

KH. ACHDLORI UTSMAN

MASYAYIKH

K.H. ROSYIDI

MASYAYIKH

M. CHORIJZI SN

MASYAYIKH

SUBCHAN AM

MASYAYIKH

H. Zainuri Noor

MASYAYIKH

H. CHUSNAN MS

MASYAYIKH

Ir. H. MOHAMMAD SHOFIN ZN

MASYAYIKH

AHMAD ARIFIN AMIN

MASYAYIKH

KH. SYA'DULLAH ROUYANI

MASYAYIKH

KH. MA'RUF IRSYAD

MASYAYIKH

KH. MA'SHUM AK

MASYAYIKH

KH. SYA'RONI AHMADI AL HAFIDZ

MASYAYIKH

KH. ULIN NUHA ARWANI

MASYAYIKH

KH. ULIL ALBAB ARWANI

MASYAYIKH

KH. MA'SHUM AK

MASYAYIKH

KH. SYA'RONI AHMADI AL HAFIDZ

MASYAYIKH

KH. ULIN NUHA ARWANI

MASYAYIKH

MARI BERGABUNG BERSAMA KAMI UNTUK MEWUJUDKAN MIMPIMU BERSAMA MA NU BANAT KUDUS

Untuk Informasi Lebih Lengkap Silahkan Bisa Hubungi kontak Center MA NU BANAT Kudus